Senin, 30 April 2012

Kesengsem All New Camry di Pulau Dewata


Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan generasi terbaru dari sedan kelas menengah miliknya, All New Camry. Untuk merasakan langsung ketangguhan dan kemewahan mobil ini VIVAnews mendapat kesempatan mengujinya di Bali.

Setelah lebih dulu mencoba New Camry 2,4 HV (Hybrid Vehicle). Kini giliran model 2,5 V yang diuji oleh VIVAnews. Perjalanan di mulai dari Nusa Dua hingga ke Sanur yang berjarak sekitar 30 kilometer. Mobil yang dibanderol Rp510,6 juta terasa sangat nyaman meski harus menghadari kemacetan.

Suara mesin nyaris tidak terdengar. Balutan interior mewah dengan jok kursi kulit hasil kerja sama dengan Eagle Ottawa Co Ltd. Ruang kabin dilengkapi audio video dengan delapan pengeras suara (speaker) dari teknologi JBL Green Edge. Semua itu memberikan kenyamanan lebih. Belum lagi fitur AC individual untuk 3 zona.

New Camry 2,5 V dibekali jenis mesin IL4, 16 valve, DOHC dan Dual VVT-I, dengan kapasitas silinder 2.494cc. Mobil memiliki daya output maksimal 181 horsepower pada putaran mesin 6.000 rpm. Torsi mencapai 23,3Nm pada putaran 4.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Keunggulan mesin itu sangat responsif putaran gas di awal dan tengah cukup cepat untuk meraih kecepatan tertinggi. Tidak hanya mewah dan nyaman, All New Camry juga handal diajak kencang.

Urusan suspensinya, mobil ini mengandalkan MacPherson Strut di bagian depan dan suspensi belakang Dual Link Strut Rear Suspension. Suspensi tersebut mampu bekerja dengan maksimal ketika berada di kontur jalan rusak. Goyangan sangat minim dirasakan meski mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Adapun untuk bagian pengeremannya mengandalkan model disc pada bagian depan dan belakang dengan fitur ABS, EBD, Brake Assist. New Camry 2,5 V juga sudah dilengkapi dengan fitur Eco, yang bisa bekerja secara otomatis.

Fitur Eco bisa membantu pengemudi mendapatkan efisiensi bahan bakar semaksimal mungkin, tanpa harus mengurangi performa kendaraan. Rata-rata konsumsi bahan bakar akan tertera di panel instrumen kendaraan. Bilan sistem Eco drive sedang bekerja, maka lampu indicator di panel instrumen akan menyala.

Dengan sejumlah keunggulan itu, Toyota merasa yakni dapat terus mempertahankan pangsa mobil sedan mewah di Tanah Air. Diketahui, segmen pasar sedan yang tergolong mewah hanya sekitar dua persen dari total pasar sedan yang mencapai lima persen dari pasar mobil nasional.

Tahun lalu pasar sedan medium hanya mencapai 4.034 unit di Indonesia dan TAM menguasai sekitar 44,7 persen dengan penjualan sebesar 1.805 unit. Pada tahun ini, TAM menargetkan penguasaan pasar sedan medium lebih dari 55 persen. Pada segmen tersebut Toyota harus bersaing ketat dengan Honda Accord, di samping Mazda Seri 6 dan Nissan Teana.

Sejak diperkenalkan di Indonesia pada 1998, populasi Camry yang kini memasuki generasi ke-6 tersebut telah mencapai lebih dari 20 ribu unit. Sampai Maret tahun ini penjualan sedan medium yang diimpor dari Thailand telah mencapai 530 unit.

Facebook Twitter Google+

Ditulis Oleh : srop // 18.00
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.