Rabu, 28 November 2012

Duel Antarlini Indonesia Vs Singapura


VIVAbola - Indonesia akan menghadapi Singapura di laga kedua babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Rabu sore, 28 November 2012. Pertandingan ini dipastikan akan berjalan sengit mengingat kedua kubu sama-sama membutuhkan tambahan poin guna membuka jalan ke semifinal.

Bicara soal kekuatan tim, baik Indonesia maupun Singapura punya andalannya masing-masing di setiap lini. Berikut peta duel antarlini itu:

Kiper

Wahyu Tri Nugroho akan kembali dipercaya berada di bawah mistar Tim Merah Putih karena hanya dia kiper tersisa. Wahyu menggantikan kiper utama Endra Prasetya yang diganjar kartu merah pada pertandingan melawan Laos. Hanya membawa dua kiper, mau tak mau pelatih Nil Maizar harus menyiapkan pemain lain untuk menjadi kiper jika kondisi darurat.
Kemampuan dua kiper ini sebenarnya tak terlalu berbeda. Hanya, Endra unggul postur atas Wahyu. Tapi, Wahyu mampu menutupinya dengan reflek bagus.

Sedangkan Singapura mengandalkan pemain mudanya untuk mengawal gawang di Piala AFF ini. Izwan Mahbud yang berusia 22 tahun dan baru mencatatkan 7 caps bersama timnas senior dipercaya menggantikan kiper senior Lionel Lewis.
Kemampuan Izwan lumayan bagus saat mengawal gawang Tim Singa di laga perdana melawan Malaysia. Ia bisa menghindarkan timnya kebobolan dan menang 3-0, meski Malaysia punya beberapa penyerang haus gol.

Pertahanan

Kuartet Raphael Maitimo, Fachrudin, Wahyu Wijiastanto dan Novan Setya sepertinya masih jadi andalan Indonesia. Melihat masih banyak kelemahan di sektor ini, pelatih Nil Maizar terus menggembleng keempat pemain itu dan berpesan agar mereka terus menjaga konsentrasi di sepanjang pertandingan nanti.

Berbeda dengan Indonesia yang dihuni bek-bek debutan Piala AFF, pertahanan The Lions justru diisi campuran pemain berpengalaman dengan pemain belia. Daniel Bennett  dan Baihakki Khaizan sudah malang melintang di turnamen sepakbola Asia Tenggara sejak 2004 silam.
Sedangkan Safun Baharudin sempat menjadi pemain pelapis di Piala AFF 2010 lalu. Hanya Irwan Shah yang tercatat sebagai debutan di turnamen sekarang.

Lapangan Tengah

Indonesia sudah pasti menumpukan kekuatan pada dua winger lincah Oktovianus Maniani dan Andik Vermansyah. Keduanya didukung oleh Taufik yang akan menjadi pengatur irama permainan serta Vendry Mofu yang kemungkinan turun sebagai starter menggantikan Tony Cusell yang tengah dibekap cedera.

Mustafic Fachrudin tentunya akan kembali menjadi motor permainan Singapura. Tapi, jangan salah, dia tak seorang diri membangung permainan tim. Tandemnya Harris Harun kini jadi harapan baru Singapura. Lini tengah Singapura akan sangat menakutkan jika dua pendamping lain di sisi lapangan: Shi Jiayi dan Shahdan Sulaiman berada dalam penampilan terbaik.

Penyerang

Kemungkinan Nil Maizar melakukan perombakan di barisan depan Indonesia. Jhonny van Beukering yang baru pulih dari cedera akan langsung diturunkan berduet dengan Irfan Bachdim. Pemain naturalisasi itu akan menggeser Bambang Pamungkas yang turun di pertandingan melawan Laos.

Sedangkan Shahril Ishak jadi pemain Singapura paling diwaspadai. Selain skill, pengalamannya tampil di Piala AFF jadi modal untuk mengacak-acak pertahanan Indonesia.
Apalagi, kepercayaan diri pemain yang pernah merumput bersama Persib Bandung itu juga tengah melambung usai membukukan dua gol di laga perdana melawan Malaysia. Kemungkinan dia akan didampingi pemain berpengalaman lainnya Khairul Amri Salehuddin. (one)

Facebook Twitter Google+

Ditulis Oleh : srop // 19.30
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.