Senin, 30 April 2012

Roy Hodgson Kandidat Terkuat Manajer Inggris


VIVAbola - Roy Hodgson kini menjadi kandidat terkuat untuk memimpin tim nasional Inggris di Euro 2012. Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) telah melakukan pembicaraan kepada manajer West Bromwich Albion itu untuk menjadi suksesor Fabio Capello.

Menurut Reuters, FA juga menyebut Hodgson jadi satu-satunya kandidat yang telah mereka dekati. Hodgson diharapkan bisa menggantikan Capello yang berhenti pada Februari lalu akibat pencopotan ban kapten Inggris dari lengan John Terry.

Sebelumnya, manajer Tottenham Hotspur, Harry Redknapp disebut-sebut akan menggantikan Capello. Tapi, Redknapp berulangkali bilang sangat berkomitmen kepada Spurs dan takkan bicara dengan pihak FA sampai ditawari posisi itu.

"West Bromwich Albion telah memberikan izin bagi FA untuk bicara dengan Roy Hodgson tentang posisi manajer Inggris," ujar pernyataan FA.

"Saya sangat senang dengan sambutan chairman WBA, Jeremy Peace dan semua pihak di West Bromwich Albion yang sangat kooperatif dan memberi kesempatan kepada kami melakukan pendekatan kepada Roy," tambah chairman FA, David Bernstein.

"Roy satu-satunya manajer yang telah kami dekati dan kami terus berjalan sesuai tenggat waktu untuk mencari pengganti setelah kepergian Fabio Capello. Kami masih terus berkomunikasi dengan Roy sebelum melakukan pengumuman nanti."

Saat Euro 2012 tinggal sebulan lebih, Inggris masih belum punya manajer full-time. Kini, The Three Lions masih dipimpin manajer interim dari tim Under-21, Stuart Pearce saat menjalani laga uji coba melawan Norwegia di Oslo pada 26 Mei 2012.

Berikutnya, Inggris akan bersua Belgia dalam laga uji coba pada 2 Juni sebelum membuka laga Euro 2012 melawan Prancis di Donetsk pada 11 Juni 2012. Swedia dan tuan rumah Ukraina juga berada dalam satu grup dengan Inggris.

Beken di Luar Inggris

Hodgson telah memanajeri West Brom sejak Februari 2011. Sebelumnya, ia sempat menjadi manajer Liverpool selama 6 bulan sebelum diberhentikan akibat menuai hasil kurang bagus.

Saat itu, Hodgson menggantikan Rafa Benitez setelah melambungkan Fulham era 2009-10. Hodgson sempat membawa Fulham ke final Europa League 2010.

Hodgson yang juga pernah menjadi manajer Blackburn Rovers di Premier League, punya pengalaman banyak di luar Inggris. Ia pernah melatih tim Denmark, Norwegia dan Swedia dengan meraih 5 trofi juara Liga bersama Malmo. Hodgson yang menguasai beberapa bahasa juga pernah melatih Swiss dan meloloskannya ke Euro 1996.

Pria 64 tahun ini juga sempat memimpin timnas Finlandia dan Emirat Arab. Roy menangani Inter Milan era 1995-97 dan membawanya finis di posisi 3 Serie A serta lolos ke final Piala UEFA. (adi)

Facebook Twitter Google+

Ditulis Oleh : srop // 19.30
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.