Sabtu, 31 Maret 2012

Siap Menikah? Pelajari Dulu Anggarannya


VIVAnews - Merencanakan sebuah pernikahan yang diimpikan bukan perkara mudah. Selain memantapkan hati, meyakinkan orang tua, ada satu permasalahan yang kerap kali membuat kepala pusing. Karenanya
perencanaan keuangan untuk budget pernikahan sangat penting sebelum Anda bertemu dengan wedding planner.

Berikut yang wajib Anda ketahui tentang bagaimana menyusun anggaran pernikahan agar tidak membengkak.

1. Bijak dalam keuangan
Anda pasti tidak ingin memulai kehidupan rumah tangga dalam keadaan bangkrut karena semua uang Anda sudah dihabiskan untuk sebuah pesta pernikahan yang mewah. Parahnya lagi, kalau Anda memutuskan untuk melakukan transaksi secara kredit untuk terpenuhinya pesta pernikahan impian.

Jangan gegabah! Cobalah untuk selalu mencari barang-barang pelengkap pernikahan dengan alternatif yang lebih murah tetapi tetap memberikan Anda kepuasan pada hari pernikahan Anda.

2. Identifikasi prioritas Anda

Menentukan prioritas pada pesta pernikahan Anda memberikan Anda fokus perhatian dimana anggaran akan berpusat. Jika Anda ingin pernikahan Anda dihiasi dengan bunga-bunga yang indah dengan konsep pesta kebun,buat aggaran lebih besar untuk membeli bunga-bunga hias. Atau, jika Anda ingin pesta pernikahan Anda dihibur dengan alunan musik yang indah, buat anggaran yang lebih besar untuk menyewa grup musik favorit Anda. Tapi konsekuensinya, Anda harus mengurangi budget pada salah satu atau beberapa kotak anggaran.

3. Anggaran khusus untuk makanan

Kenapa? Karena makanan dan minuman selalu menghabiskan setidaknya setengah dari keseluruhan budget yang Anda miliki. Jadi, selalu jadikan anggaran makanan sebagai yang pertama yang Anda buat. Lalu, buat anggaran lainnya.

4. Prasmanan vs round table

Biaya yang dihabiskan untuk prasmanan dan round table mungkin tidak
akan jauh berbeda meski Anda mungkin akan berpikir prasmanan akan
lebih murah dibandingkan round table. Jika Anda memilih penyajian
prasmanan, Anda harus memesan makanan lebih banyak karena Anda tidak mengetahui pasti jumlah tamu yang akan hadir dan kemungkinan mereka akan mengonsumsi lebih banyak porsi dan menu. Sedangkan, penyajian round table membuat Anda mengetahui secara pasti jumlah  tamu yang hadir dan berapa budget pasti yang akan Anda keluarkan untuk makanan.

Pemilihan penyajian prasmanan dan round table tidak hanya dilihat dari
budget yang Anda miliki, tetapi juga konsep acara yang Anda inginkan.
Karena penyajian makanan ini akan memengaruhi keseluruhan pesta
pernikahan Anda.

Facebook Twitter Google+

Ditulis Oleh : srop // 14.30
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.